5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

 Bagi anda penggemar minuman teh salah satunya teh hijau ternyata memiliki manfaat yang ba 5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi anda penggemar minuman teh salah satunya teh hijau ternyata mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Seperti yang kita tahu teh hijau memang sudah semenjak dulu terkenal berkhasiat untuk pengobatan dan juga kecantikan. Apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya,

Apa itu Teh Hijau?

Teh hijau merupakan salah satu varian dari flora teh atau yang dalam bahasa ilmiah disebut Camellia sinensis. Varian lain dari tumbuhan ini yakni teh hitam yang lebih dulu populer dikalangan orang-orang barat. Teh hijau ialah teh yang terbuat dari daun tumbuhan teh yang dipetik, selanjutnya mengalami proses pengeringan dengan cara dijemur untuk mencegah oksidasi. Pada umumnya, teh hijau dibuat sebagai materi dasar minuman, bisa minuman dingan atau panas.

Di Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah dan Asia Tenggara, teh hijau menjadi minuman terkenal dari zaman dulu. Kepopuleran teh hijau terus mengalami peningkatan hingga ke negara barat yang terlebih dulu mengenal teh hitam.

5 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh


Ada beberapa manfaat utama yang baik bagi kesehatan bila mengonsumsi teh hijau secara rutin, berikut daftarnya:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Khasiat teh hijau pertama baik untuk diet. Minum teh hijau di pagi hari bermanfaat untuk program diet Anda, alasannya adalah teh hijau mampu menurunkan berat badan. Itu karena kandungan dalam teh hijau yang berjulukan Epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Apabila anda mengkonsumsi teh hijau, maka EGCG tersebut akan meningkatkan metabolisme pada tubuh dan menekan nafsu makan, sehingga akan membantu program diet Anda. Selain itu, kandungan EGCG yang ada pada teh hijau juga akan menimbulkan panas dalam tubuh meningkat, sehingga mampu aben kalori lebih banyak dari pada teh hitam.

Meminum teh hijau 2 sampai 4 gelas sehari dipercaya mampu aben kalori kurang lebih sebanyak 70 sampai 80 kalori dalam tubuh. Zat terpenting yang terkandung dalam teh hijau ialah antioksidan, dimana zat ini akan menyehatkan system syaraf serta mampu menurunkan cita-cita untuk makan berlebih.

2. Membantu Mencegak Penyakit Kanker


Jika di atas kita telah sedikit membahas perihal antioksidan, ternyata antioksidan juga bisa mencegah kerusakan pada sel insan yang disebabkan alasannya adalah radikal bebas. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang berhasil masuk ke tubuh manusia, lalu menyerangnya sebelum berhasil merusak sel dalam badan. Radikal bebas inilah yang menjadi cikal bakal terjadinya penyakit kanker.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Manfaat teh hijau ini sangat luar biasa sekali, alasannya mampu membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam badan. Dengan berkurangnya kolesterol dalam badan, maka akan berefek pada terhindarnya penyumbatan arteri. Arteri yang tidak tersumbat akan menghindarkan insan dari serangan penyakit jantung.

4. Mengontrol Penyakit Diabetes


Zat lain yang terkandung dalam teh hijau yakni Polifenol dan Polisakarida yang mana kedua zat tersebut sangat efektif untuk menurunkan tingkat gula darah. Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para andal, EGCG yang terdapat pada teh hijau juga sangat bermanfaat untuk menghambat produksi glukosa pada liver.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Manfaat teh hijau untuk kesehatan terakhir yakni mampu meningkatkan kekebalan badan. Teh hijau juga sangat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh manusia alasannya mengandung zat antibakteri. Zat tersebut diyakini bisa menjaga kekebalan badan manusia.

Luar biasa bukan 5 manfaat teh hijau untuk kesehatan di atas? Semua khasiat tersebut akan efektif kalau anda meminumnya dalam takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Salam sehat!

Subscribe to receive free email updates: