Apa Pentingnya Zakat Di Dalam Islam?

 Zakat menurut bahasa berarti harta tertentu yang wajib di keluarkan seorang muslim untuk  Apa Pentingnya Zakat di Dalam Islam?

Apa pentingnya Zakat dalam Islam? Zakat berdasarkan bahasa berarti harta tertentu yang wajib di keluarkan seorang muslim untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya mirip fakir miskin dan sebagainya. Zakat dari segi bahasa artinya bersih, suci, subur, dan berkembang. Zakat itu sendiri merupakan rukun Islam yang keempat.

Islam mengajarkan banyak hal kepada kita melalui Alquran dan Sunnah, dan ber zakat ialah salah satunya. Menunaikan zakat ialah salah satu cara untuk memberikan keperdulian kita kepada orang lain yang membutuhkan.

Jika seorang muslim merasakan rasa sakit apa yang orang lain rasakan dalam hal ini kesusahan hidup, maka dengan berzakat atau bederma adalah cara terbaik untuk meringankan penderitaan mereka.

Ber zakat mengingatkan kita sebagai seorang muslim untuk rendah hati dihadapan Allah, bahwa setiap harta yang kita miliki di dalam hidup yaitu berasal darinya.

Ber zakat dengan mengeluarkan sebanyak 2,5% dari kekayaan kita wajib bagi umat Islam. Hal ini dikenal sebagai shadaqah (sedekah), sebagian besar dikeluarkan ketika umat Islam menghadapi malapetaka atau peristiwa. Meskipun begitu banyak juga yang memperlihatkan tanpa alasan tertentu hanya untuk menerima pahala dari Allah.

Keutamaan menunaikan zakat: 

1. Menyempurnakan keislaman seorang muslim. Zakat merupakan rukun Islam yang ke empat dimana apabila tidak menunaikannya maka belum tepat sebagai seorang muslim

2. Menunjukan besarnya iktikad seseorang. Harta memang sesuatu yang sangat dicintai oleh jiwa seseorang jadi apabila mampu mengeluarkan nya di jalan Allah dengan mengharapkan ridha Allah maka itu menerangkan besarnya iman seseorang.

3. Menyatukan umat Islam. Dengan beramal yang berkecukupan bisa menolong orang yang kekurangan, hal tersebut mampu mempererat hubungan sesama muslim.

4. Lebih mengenal aturan dan aturan Allah. Dengan beramal tentunya seseorang mengetahui apa saja nishob zakat tersebut dan siapa saja orang yang membutuhkannya.

5. Menambah harta. Allah akan menambah pintu rezeki dari orang yang hartanya di zakati.

6. Dengan ber zakat dosa akan terampuni.

Pahala yang diberikan tergantung dari niat dan manfaat nya. Bersedekah berfungsi sebagai cara untuk membawa keadilan, keseimbangan, dan kebaikan kepada setiap lapisan masyarakat.

Yang kita harapkan sebagai seorang muslim yaitu mau menawarkan sedekah kepada mereka yang membutuhkan dengan cara yang benar dan bisa berkontribusi dalam upaya untuk menghilangkan kemiskinan di dalam masyarakat.

Subscribe to receive free email updates: